selamat datang di blog titie...
semua materi perkuliahanku ada disini [gunadarma university] [softskill][ekonomi uang dan bank] [ekonomi monoter] [bahasa inggris]

Rabu, 14 Oktober 2009

Pengantar Ekonomi Pembangunan (pert 1)

Pengertian ekonomi pembangunan
ekonomi pembangunan adalah suatu perluasan yang sangat penting dari ilmu ekonomi tradisional dan polotik ekonomi.sementara ilmu ini mementingkan alokasi sumber daya secara efisien dan pertumbuhan output yang baik.dan juga memusatkan perhatian terutama kepada mekanisme perekonomian,sosial dan kelembagaan yang diperlukan untuk menghasilkan perbaikan taraf hidup yang cepat dalam skala besar bagi sejumlah orang.
strategi pembangunan masa lalu yang berupaya untuk meningkatkan hasil pertanian, menciptakan lapangan kerja, dan menghilangkan kemiskinan sangat sering gagal karena para ekonom dan para penasehat kebijakan yang lainnya tidak melihat perekonomian sebagai suatu sistem sosial yang saling bergantung satu sama lain yang kekuatannya berinteraksi secara terus menerus,sesekali bersama dan pada waktu yang lainnya berkontradiksi.
sifat ekonomi pembangunan
ilmu ekonomi tradisional yang berhubungan dengan alokasi sumber2 daya produktif secara efisien dengan biaya yang serendah-rendahnya dan dengan pertumbuhan optimal dari sumber daya ini sedemikian sehingga menghasilkan barang dan jasa yang semakin banyak.
politik ekonomi membahas lebih dari ekonomi tradisional,antara lain proses sosial dan kelembagaan yang memungkinkan kelompok elit dan ekonomi mempengaruhi alokasi sumber daya produktif yang terbatas,sekarang atau dimasa yang akan datang.baik secara khusus untuk keuntungan sendiri atau keuntungan masyarakat yang lebih besar.ekonomi politik membahas kaitan antara ilmu politik dan ilmu ekonomi dengan perhatian utama pada peranan kekuasaan dalam keputusan ekonomi.
cakupan ilmu ekonomi pembangunan lebih luas lagi,ilmu ini selain membahas alokasi sumber daya secara efisien dan pertumbuhan yang lestari dari waktu ke waktu.harus pula menguraikan mekanisme perekonomian,sosial,kelembagaan,baik dari pemerintahan maupun swasta untuk menciptakan perbaikan kehidupan yang lebih luas dan lebih cepat bagi kelompok yang dicekam kemiskinan,kelaparan dan buta huruf.
perhatian terhadap perkembangan negara yang sedang berkembang . perhatian dunia terhadap perkembangan ekonimi di negara-negara sedang berkembang dimulai setelah perang dunia ke-2 ,pada masa perkembangan sebelum-sebelumnya negara-negara didunia perhatiannya lebih terpusat kepada kondisi perang dan politik yang tidak menentu ,baru setelah perang dunia ke-2 berhenti. sebagian besar negara maju melihat betapa kondisi memprihatinkan terjadi pada negara-negara miskin.selain itu pula bahwa pada masa sebelum PD II para ekonom di negara-negara,di negara maju lebih memusatkan analisis mereka kepada tenaga kerja di negara maju yang mengalami resesi karena peperangan,jumlah pengangguran yang semakin bertambah sementara kegiatan ekonomi mengalami krisis.
Kebutuhan dan perhatian ekonomi pembangunan
pertumbuhan ekonomi
pertumbuhan ekonomi yang pesat merupakan fenomena penting yang dialami dunia hanya semenjak dua abad ke belakang ini.dalam periode tersebut dunia banyak mengalami perubahan yang sangat nyata apabila dibandingkan dengan periode sabelumnya.sampai abad 18 banyak masyarakat yang masih subsitensi pada pada sektor pertanian, peternakan, perkebunan,berburu. ditinjau dari dua abad yang lalu banyak sekali perubahan pada perekonomian dunia yang menimbulkan efek sebagai berikut:
--> kemakmuran dan taraf hidup masyarakat meningkat
-->dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kebutuhan yang diperlukan oleh ekonomi pembangunan
*perhatian dari masyarakat maupun pemerintah untuk memicu keberhasilan perekonomian
*kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak untuk membantu pembangunan ekonomi lebih baik.
*cinta akan produk sendiri
*menggalakan kemiskinan
menegakkan hukum demi citra bangsa yang lebih baik
*membuat lapangan pekerjaan lebih baik lagi demi kemajuan.

Ada atau tidaknya pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara dapat menggunakan 3 pendekatan:
#Tingkat penghidupan masyarakat
artinya apakah ada peningkatan konsumsi potensial saat sekarang dibandingakan konsumsi di masa lampau.
#sumber-sumber produksi
apakah dalam negara tersebut ditemukan sumber-sumber produksi baru dan apakah sumber-sumber produksi itu bisa dipertahankan dan di manfaatkan se efisien mungkin
#Tingkat pendapatan nasional
apakah dalam suatu negara tingkat pendapatan nasionalnya meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Teori-teori ekonomi
^ Teori pertumbuhan klasik
^Teori schumpeter
^Teori harod-domar
^Teori pertumbuhan neo klasik

cakupan ekonomi pembangunan
cakupan ekonomi pembangunan adalah semua masalah yang di hadapi oleh suatu negara dalam peningkatan ekonomi untuk pengembangan atau peningkatan pembangunan.meskipun perencanaan pembangunan merupakan aspek penting dalam kebijakan ekonomi negara-negara dunia ketiga,namun pengambilan keputusan sehari-hari pemerintah negara-negara berkembang biasanya tidak terencana dan seringkali memberikan tanggapan secara ad hoc terhadap krisis ekonomi yang muncul dan tidak terduga.dalam rangka tujuan pembangunan yang luas.

Evolusi pembangunan
dalam evolusi pembangunan perhatian terhadap pembangunan ekonomi sebenarnya sudah dimulai pada masa ADAM SMITH dalam bukunya yang berjudul An inquiry into the true nature and causes of the wealth of nation. dalam bukunya ADAM SMITH menganalisis tentang masalah-masalah yang berhubungan dengan sebab-sebab suatu negara mengalami pembangunan.
kemudian pada masa perang dunia ke II perhatian terhapad pembangunan ekonomi bisa diasumsikan menurun karena pada masa perand dunia II banyak sekali masalah2 yang dihadapi dalam perekonomian. setelah perang dunia II berakhir perhatian pada perekonomian bangkit kembali di antara kekuatan dau dunia yaitu amerika yang mewakili blok kapitalid dan uni soviet mewakili blok sosialis.
setelah blok sisialis/uni soviet runtuh masalah-masalah pembangunan ekonomi tetap menduduki posisi sentral. Realisasi pembentukan masyarakat ekonomi eropa (MEE),NAFTA (North american free tred area), dan APEC (asia pasific ekonomic corporation) merupakan perkembangan penting untuk perhatian pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi

ekonomi pembangunan adalah cabang ilmu ekonomi yang yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh negara-negara yang sedang berkembang dan mendapatka cara-cara untuk mengatasi masalah-masalah tersebut supaya negara-negara berkembang dapat membangun ekonominya dengan lebih cepat lagi.
pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang mengakibatkan pendapatan perkapita penduduk meningkat dalam jangka panjang
analisis ekonomi pembangunan = permasalahan negara sedang berkembang
ekonomi pembangunan merupakan cabang ilmunya,sedangkan pembangunan ekonomi adalah sebagai suatu proses yang mendorong GNP per kapita atau pendapatan masyarakat naik dalam periode waktu yang panjang
dari definisi ini terkandung tiga unsur penting dari pembangunan ekonomi yaitu:
^ pembangunan ekonomi berupaya untuk meningkatkan pendapatan perkapita atau GNP per kapita masyarakat.
^ pembangunan ekonomi mengandung suatu proses perubahan terus-menerus
^ Upaya untuk meningkatkan pendapatan perkapita terus harus berlangsung dalam jangka waktu yang panjang.
Dalam hal ini unsur yang paling penting dalam pembangunan ekonomi adalah unsur masyarakat,konsep penting lain dibahas adalah literatur2 ekonomi pembangunan adalah pertumbuhan ekonomi.Pertumbuhan ekonomi menekankan pada proses kenaikan GNP atau GDP tanpa penekanan pada peningkatan angka GNP/GDP tanpa memperhatikan pertambahan penduduk memungkinkan terjadinya kekeliruan dalam memahami kegiatan ekonomi.
Para ahli ekonomi menyepakati pada pertumbuhan ekonomi yang terjadi di negara-negara maju.sedangkan pembangunan ekonomi menunjukan perkembangan ekonomi yang terjadi di negara-negara yang sedang berkembang.

Sekilas tentang negara berkembang

Negara berkembang bisa diartikan sebagai negara yang mulai menginjak pada awal kemajuan dalam tahap perekonomiannya.
penggolongan negara-negara di dunia:
*berdasarkan tingkat kesejahteraan masyarakat
1. Negara dunia ke-I (first world)
"negara maju atau developed country"
diantaranya " Eropa barat (inggris,perancis,portugis,belanda,jerman barat),amerika utara (USA,kanada), australia, new zeland,jepang, korea ,cina"
2. Negara dunia ke - II (second world)
"negara maju atau developed country"
diantaranya " eropa timur (rusia,polandia,jerman timur,cekoslowakia)
3. Negara dunia ke - III (Third world)
"negara sedang berkembang / negara selatan"
diantaranya "sebagian besar asia(kecuali jepang,korea,cina)
negara-negara afrika
negara-negara amerika latin (amerika tengah dan amerika selatan)"
Berdasarkan pada tingkat pendapatan
per kapita
a.negara maju (developed country) > U$ 2000
b.negara semi maju (semi developing country) > U$ 400
c.negara miskin(under developing country) < style="font-weight: bold;">Perlunya indikator pembangunan
Dalam hal ini indikator pembangunan sangat berguna untuk menganalisis dan mengevaluasi hasil-hasil pembangunan. Indikator pembangunan bisa memberikan gambaran mengenai lajunya perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat dan corak perbedaan tingkat kesejahteraan masyarakat yang terjadi di negara,indikator pembangunan dapat juga dipergunakan untuk mengetahui syarat-syarat yang digunakan oleh NSB untuk menyamakannya dengan negara maju.

Indikator moneter
indikator moneter ini dapat juga bermanfaat menganalisis moneter,dalam hal ini akan menerangkan tentang:
a. pendapatan per kapita
b. indikator kesejahteraan ekonomi bersih (net economic welfare) yang diperkenalkan oleh WILLIAM NORDHAUS dan JAMES TOBIN (1972) ,yang tentang menyempurnakan nilai2 GNP untuk memperoleh indikator ekonomi yang lebih baik.
Ada dua cara untuk penyempurnaan indikator ekonomi yang lebih baik:
1. koreksi positif :memperhatikan waktu lenggang (leisure time )dan perekonomian sektor in formal.
2.koreksi negatif :kerusakan lingkungan oleh kegiatan pembangunan

indikator non moneter
dalam hal ini akan menjelaskan tentang:
1.indikator sosial yang dipopulerkan oleh backerman diantaranya:
*usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat
*penyesuaian pendapatan masyarakat
*usaha untuk membandingkan tingkat kesejahteraan masyarakat dari setiap negara berdasarkan data yang tidak bersifat moneter(non monetary indicators)

1 komentar:

  1. artikelnya sangat bermanfaat untuk menyelesaikan tugas, tks ya atas artikelnya ini, ijin copas sebagian :)

    salam,
    abenetwork makassar

    BalasHapus